Siapa yang paling rewel ketika ada keluarga sedang belanja, pasti anak. Apalagi kalau umur si anak masih balita sudah pasti apapun ingin dia beli termasuk pakaian.
Ternyata anak-anak menjadi target penjualan pakaian yang bisa dibilang menguntungkan dengan catatan anda tahu bagaimana tekniknya. Ini karena jadi tidaknya proses pembelian tentu yang menentukan orang tuanya meski si anak sudah merengek.
Oleh karena itu, setelah berhasil menarik perhatian anak-anak dengan produk yang menarik anda juga harus bisa meyakinkan para orang tua agar rela membeli pakaian tersebut.
Lalu bagaimana caranya ?
Bagi anda, seorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis pakaian anak bisa menyimak artikel berikut tentang cara memulai usaha pakaian anak agar laris dan berumur panjang.
Hal pertama tentu niatkan sepenuh hati anda sebelum menerjuni bisnis ini, sedikit kalimat pembuka diatas merupakan setitik bagian suka dari bisnis ini. Tapi, dibelakangnya masih ada suka yang lain dan masih banyak dukanya juga jadi untuk menghadapi segala rintangan anda perlu memantapkan hati terlebih dahulu.
1. Pastikan anda punya modal
Modal menjadi syarat pertama bagi anda yang akan mendirikan toko pakaian anak, mengapa modal menjadi syarat pertama ? karena sesuai judul diatas untuk mendapatkan penjualan laris dengan cepat maka kita perlu berinvenstasi lebih di awal.
Modal yang diperlukan juga tidak sedikit, karena anda perlu menyiapkan beberapa aset seperti tempat/lokasi jualan (bisa ruko, atauu gerai didalam mall), etalase, gantungan pakaian, dan yang terpenting anda juga perlu menyediakan beragai variant pakaian anak.
Tentu modal 10 juta saja rasanya belum cukup untuk membuka usaha ini, kecuali anda sudah punya toko atau ruko sendiri mungkin 10 juta itu bisa dimaksimalkan untuk membeli bahan baku berupa pakaian segala variant yang siap dijual.
2. Pilih tempat anak-anak berkumpul
Dimana biasanya anak-anak berkumpul ? disekolah, benar sekali. Disekolah SD itu ada banyak anak berkumpul TAPI apa iya kita harus membuka toko pakaian didepan SD sementara uang saku mereka paling hanya 5 ribu rupiah ?
Kita harus memilih tempat yang tidak hanya banyak anak-anaknya, tapi kalau bisa ditempat itu si anak atau keluarga si anak siap untuk berbelanja. Anda bisa memilihnya didalam mall, atau diarea fashion center yang ada di kota anda.
Faktor-faktor yang bisa anda perhatikan untuk mencari lokasi toko antara lain ;
Kalau anda menyewa lokasi didalam mall, maka disitu sudah ada bejibun orang berlalu lalang yang bisa mampir ke toko anda satu jam setelah anda membuka toko tanpa promosi. Namun anda harus mau bersaing dengan yang lain.
Pilihan terbaik ada pada ruko atau gerai tapi lokasinya harus anda perhatikan baik-baik,
Mau pilih lokasi yang mana itu ditentukan dengan kondisi anda.
3. Supiler baju harus O.K
Salah satu aspek memilih suplier baju adalah harganya, karena kalau kita dapat suplier murah maka harga jual pasti bisa bersaing dengan mudah. Tapi jangan lupakan soal kualitas dan resposifitas.
Suplier yang baik itu bukan mereka yang hanya bisa menyuplai baju ke anda, tapi suplier tersebut juga harus resposif memberi tanggapan tatkala ada feedback dari anda selaku penjual atau reseller. Ini akan memudahkan proses stock barang sehingga keberlangsungan bisnis bisa lebih lama.
Kalau masalah kualitas itu sesuaikan dengan target yang anda bidik, kalau anda membuka toko di pemukiman dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah, maka sediakan juga pakaian murah dengan kualitas nomor dua. Tapi kalau anda memilih lokasi di dekat tempat wisata atau di tempat umum lain lebih baik nomor satukan kualitas.
4. Jangan berpaku pada satu suplier
Jangan hanya mengandalkan satu suplier atau distributor, anda itu harus menyediakan pakaian berbagai variasi jadi anda juga harus mengumpulkan beberapa suplier yang menyediakan model pakaian anak yang beda-beda. Sehingga toko anda akan nampak lengkap.
5. Beri price tag dengan harga pas
Anda perlu mengelompokan pakaian menjadi beberapa kelas, untuk kelas terendah bisa anda pajang di depan toko dan jangan lupa beri price tag dengan harga yang wajar. Secara tidak langsung ini juga akan menarik minat pembeli untuk datang ke toko anda.
Sementara pakaian anak kualitas pertama, bisa anda pajang di langit-langit toko.
6. Buat toko anda beda dari yang lain
Ini adalah elemen penting yang bisa membuat orang lebih memilih datang ke toko anda daripada toko yang lain. Caranya, anda survey ke toko-toko pakaian anak didekat lokasi anda lalu cari kesamaan dan perbedaan toko-toko tersebut (bisa dari pelayanan, atau desain toko).
Buat toko anda berbeda kalau bisa sangat berbeda dengan yang lain, bisa menggunakan desain toko yan out of the box, atau display (pemajangan produk) yang dibalut dengan keunikan sehingga menambah kesan kalau toko anda itu beda dari yang lain.
Secara psikis, sesuatu yang sangat kontra itu yang paling menarik perhatian. Jadi ini adalah salah satu strategi promosi yang bisa berjalan terus menerus secara otomatis.
O.K itu saja tips singkat dari saya buat kalian para calon pebisnis sukses, semoga bisa menambah wawasan dunia bisnis kita semua.
Ternyata anak-anak menjadi target penjualan pakaian yang bisa dibilang menguntungkan dengan catatan anda tahu bagaimana tekniknya. Ini karena jadi tidaknya proses pembelian tentu yang menentukan orang tuanya meski si anak sudah merengek.
Oleh karena itu, setelah berhasil menarik perhatian anak-anak dengan produk yang menarik anda juga harus bisa meyakinkan para orang tua agar rela membeli pakaian tersebut.
Lalu bagaimana caranya ?
Bagi anda, seorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis pakaian anak bisa menyimak artikel berikut tentang cara memulai usaha pakaian anak agar laris dan berumur panjang.
Cara Berjualan Baju Anak Agar Laris dan Lancar
Hal pertama tentu niatkan sepenuh hati anda sebelum menerjuni bisnis ini, sedikit kalimat pembuka diatas merupakan setitik bagian suka dari bisnis ini. Tapi, dibelakangnya masih ada suka yang lain dan masih banyak dukanya juga jadi untuk menghadapi segala rintangan anda perlu memantapkan hati terlebih dahulu.
1. Pastikan anda punya modal
Modal menjadi syarat pertama bagi anda yang akan mendirikan toko pakaian anak, mengapa modal menjadi syarat pertama ? karena sesuai judul diatas untuk mendapatkan penjualan laris dengan cepat maka kita perlu berinvenstasi lebih di awal.
Modal yang diperlukan juga tidak sedikit, karena anda perlu menyiapkan beberapa aset seperti tempat/lokasi jualan (bisa ruko, atauu gerai didalam mall), etalase, gantungan pakaian, dan yang terpenting anda juga perlu menyediakan beragai variant pakaian anak.
Tentu modal 10 juta saja rasanya belum cukup untuk membuka usaha ini, kecuali anda sudah punya toko atau ruko sendiri mungkin 10 juta itu bisa dimaksimalkan untuk membeli bahan baku berupa pakaian segala variant yang siap dijual.
2. Pilih tempat anak-anak berkumpul
Dimana biasanya anak-anak berkumpul ? disekolah, benar sekali. Disekolah SD itu ada banyak anak berkumpul TAPI apa iya kita harus membuka toko pakaian didepan SD sementara uang saku mereka paling hanya 5 ribu rupiah ?
Kita harus memilih tempat yang tidak hanya banyak anak-anaknya, tapi kalau bisa ditempat itu si anak atau keluarga si anak siap untuk berbelanja. Anda bisa memilihnya didalam mall, atau diarea fashion center yang ada di kota anda.
Faktor-faktor yang bisa anda perhatikan untuk mencari lokasi toko antara lain ;
- Faktor keramaian orang berlalu lalang.
- Tingkat persaingan yang tidak begitu sadis.
- Jangan memilih toko didekat pasar karena persaingan harga bisa tidak sehat.
Kalau anda menyewa lokasi didalam mall, maka disitu sudah ada bejibun orang berlalu lalang yang bisa mampir ke toko anda satu jam setelah anda membuka toko tanpa promosi. Namun anda harus mau bersaing dengan yang lain.
Pilihan terbaik ada pada ruko atau gerai tapi lokasinya harus anda perhatikan baik-baik,
- Di pemukiman, disini jarang ada yang buka toko baju anak sehingga anda bisa membukanya. Tapi pastikan jumlah penduduk khususnya anak-anak mendominasi.
- Di pinggir jalan, ide yang bagus kalau jalan yang dipilih adalah jalan protokol yang menghubungkan dua wilayah.
- Di dekat tempat wisata, ini juga ide yang bagus kalau tempat wisata yang dimaksud disukai anak seperti kebun binatang, waterboom, atau pantai.
- Di fashion center, terkadang ada satu area yang dijadikan pusat pakaian dalam sebuah wilayah. Anda bisa memilih lokasi ini karena orang yang datang ke tempat ini mayoritas akan membeli pakaian. Tapi, anda harus berani bersaing dan anda juga harus berani membuka toko pakaian dengan variasi yang sangat lengkap.
Mau pilih lokasi yang mana itu ditentukan dengan kondisi anda.
3. Supiler baju harus O.K
Salah satu aspek memilih suplier baju adalah harganya, karena kalau kita dapat suplier murah maka harga jual pasti bisa bersaing dengan mudah. Tapi jangan lupakan soal kualitas dan resposifitas.
Suplier yang baik itu bukan mereka yang hanya bisa menyuplai baju ke anda, tapi suplier tersebut juga harus resposif memberi tanggapan tatkala ada feedback dari anda selaku penjual atau reseller. Ini akan memudahkan proses stock barang sehingga keberlangsungan bisnis bisa lebih lama.
Kalau masalah kualitas itu sesuaikan dengan target yang anda bidik, kalau anda membuka toko di pemukiman dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah, maka sediakan juga pakaian murah dengan kualitas nomor dua. Tapi kalau anda memilih lokasi di dekat tempat wisata atau di tempat umum lain lebih baik nomor satukan kualitas.
4. Jangan berpaku pada satu suplier
Jangan hanya mengandalkan satu suplier atau distributor, anda itu harus menyediakan pakaian berbagai variasi jadi anda juga harus mengumpulkan beberapa suplier yang menyediakan model pakaian anak yang beda-beda. Sehingga toko anda akan nampak lengkap.
5. Beri price tag dengan harga pas
Anda perlu mengelompokan pakaian menjadi beberapa kelas, untuk kelas terendah bisa anda pajang di depan toko dan jangan lupa beri price tag dengan harga yang wajar. Secara tidak langsung ini juga akan menarik minat pembeli untuk datang ke toko anda.
Sementara pakaian anak kualitas pertama, bisa anda pajang di langit-langit toko.
6. Buat toko anda beda dari yang lain
Ini adalah elemen penting yang bisa membuat orang lebih memilih datang ke toko anda daripada toko yang lain. Caranya, anda survey ke toko-toko pakaian anak didekat lokasi anda lalu cari kesamaan dan perbedaan toko-toko tersebut (bisa dari pelayanan, atau desain toko).
Buat toko anda berbeda kalau bisa sangat berbeda dengan yang lain, bisa menggunakan desain toko yan out of the box, atau display (pemajangan produk) yang dibalut dengan keunikan sehingga menambah kesan kalau toko anda itu beda dari yang lain.
Secara psikis, sesuatu yang sangat kontra itu yang paling menarik perhatian. Jadi ini adalah salah satu strategi promosi yang bisa berjalan terus menerus secara otomatis.
O.K itu saja tips singkat dari saya buat kalian para calon pebisnis sukses, semoga bisa menambah wawasan dunia bisnis kita semua.