-->

Berapa Modal Awal Usaha ATK (Alat Tulis Kantor) ?

Kita semua setuju kalau bisnis toko ATK itu mudah dijalankan. Karena kita cukup melayani pembeli yang akan membeli produk yang pastinya sudah jadi, tapi ada satu kendala yakni masalah permodalan.

Bagi pemula yang akan atau memiliki niat membuka toko ATK biasanya dihadapkan pada persoalan “berapa modal usaha ATK”. Oleh sebab itu, di artikel ini akan kita ulas rincian modal usaha ATK ataua alat tulis kantor.

Rincian Modal Awal Buka Usaha ATK


Pertama kita perlu membedakan modal awal ini menjadi dua bagian, yakni modal investasi dan modal berjalan. Modal investasi adalah semua sarana dan prasarana yang diperlukan untuk keberlangsungan toko dan hanya dikeluarkan satu kali saat akan membuka toko.

Sementara modal berjalan merupakan modal yang digunakan untuk belanja produk-produk ATK.

1. Modal investasi yang diperlukan untuk membuka usaha ATK

Modal investasi ini, terdiri dari beberapa item antara lain ;

  • Bangunan sebagai tempat berjualan
  • Etalase toko untuk meletakan display produk
  • Rak barang untuk menyimpan persediaan barang
  • Kalkulator


Untuk bangunan atau lokasi, anda bisa sewa kios atau ruko di tempat yang strategis atau kalau anda punya tanah anda bisa bangun toko di tanah anda. Yang terpenting, lokasi toko ini strategis.

Lalu berapa besarnya ? untuk sewa kios di Bandung untuk kios-kios dengan luas dibawah 100 m persegi itu dihargai dari 10 juta hingga 20 juta pertahun. Tentu harga ini dipengaruhi faktor lokasi, kalau lokasinya dijantung kota maka biaya sewanya menjadi mahal.

Untuk rata-rata, kita anggap biaya sewa kios adalah 15 juta pertahun. Karena bangunan ini sewa, maka nantinya bangunan ini akan masuk ke modal berjalan karena harus dibayar setiap tahun. Sementara untuk yang lain ;

  • Etalase Rp. 1.500.000
  • Rak barang Rp. 2.000.000
  • Kalkulator Rp. 150.000


Jadi modal untuk investasi awal usaha ATK sekitar 18, 7 juta rupiah.

2. Modal berjalan yang diperlukan untuk membuka usaha ATK



Kalau modal berjalan itu tidak bisa kita tetapkan sekian, karena besar modal ini dipengaruhi tingkat kelengkapan barang yang akan kita jual. Secara sederhana, kalau kita akan menjual produk ATK yang super lengkap dengan berbagai merk maka modal untuk belanja bisa lebih mahal.

Sementara kalau anda punya modal yang terbatas, maka jangan paksakan diri anda untuk membeli berbagai produk untuk mendapatkan image toko super lengkap. Memang toko ATK yang baik itu yang menyediakan berbagai barang ATK tapi kalau modalnya terbatas anda bisa menyediakan kelengkapan barang ini secara bertahap seiring berkembangnya toko anda.

Untuk produk-produk awal yang dijual, anda bisa survey ke sekitar toko anda berdiri. Apakah daerah tersebut didominasi anak sekolah, atau perkantoran. Kalau anak sekolah (didaerah pemukiman) maka sediakan barang-barang yang memang dibutuhkan oleh anak sekolah seperti ;

  1. Buku tulis 38 lembar
  2. Buku tulis 58 lembar
  3. Buku tulis campus
  4. Bolpoint (standar, pilot dan beberapa bolpoint ukuran 0,5 mm)
  5. Tipe X cair
  6. Pensil (terutama 2b)
  7. Penghapus
  8. Buku gambar (A3 dan A4)
  9. Buku folio
  10. Buku nota
  11. Kertas manila
  12. Kertas kado
  13. Kertas origami
  14. Kertas folio
  15. Penggaris (panjang, busur, segitiga)
  16. Jangka
  17. Spidol
  18. Kapur
  19. Lem
  20. Cutter
  21. Pensil warna
  22. Crayon
  23. Paper bag
  24. Stop map
  25. Sampul buku
  26. Serutan pensil
  27. Selotip (hitam, bening, bolak-balik dan 3M)


Semua produk diatas, menjadi produk primer bagi anda yang akan membuka toko ATK. Untuk modal untuk membeli semua produk diatas, sekitar 5 juta rupiah (dengan stok yang lumayan banyak). Untuk stok barang, anda harus melakukan stok untuk beberapa barang yang kira-kira lebih cepat laku seperti pensil, bolpoin, kertas manila, kertas kado dan kertas lainnya.

Sementara untuk barang seperti cutter, crayon dan pensil warna bisa anda sediakan stok 5 hingga 10 stok saja.

Selain semua produk primer diatas, anda bisa menambahkan item produk lain apabila modal anda masih cukup. Barang tersebut bisa saja ;

  1. Perlengkapan pramuka
  2. Topi SD dan SMP
  3. Dasi SD
  4. Paper bag
  5. Box files

Intinya masuka semua perlengkapan sekolah dan kantor ke toko anda kalau ingin memperlengkap barang yang anda jual.

Lebih lengkap bisa anda buka Daftar 50+ nama barang yang dijual di toko ATK

Jadi Kesimpulannya

Modal awal untuk membuka usaha ATK itu sekitar 23,7 juta rupiah. Perhitungan ini masih hitung-hitungan kasar dengan kata lain biaya real dilapangan bisa berbeda.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan usaha ATK


Pastinya dengan modal lebih dari 20 juta anda tidak mau bisnis ini kurang mulus. Oleh sebab itu, ada kunci sukses menjalankan usaha ATK antara lain ;

1. Pemilihan lokasi yang benar-benar strategis

Arti strategis disini bisa beragam tergantung target toko. Kalau toko ATK itu tidak perlu lokasi yang dilalui banyak orang seperti di alun-alun atau di pasar. Toko ATK akan lebih berhasil apabil lokasinya dekat dengan fasilitas pendidikan dan perkantoran.

2. Fokus ke apa yang dibutuhkan pelanggan anda

Ini masih berhubungan dengan lokasi, kalau lokasi anda di dekat fasilitas pendidikan maka fokuskan barang yang anda dagangkan untuk memenuhi kebutuhan mereka para anak sekolah. Begitu pula kalau lokasi anda diarea perkantoran, maka fokuskan barang dagangan anda untuk memenuhi kebutuhan perkantoran.

Anda bisa mengetahui mana barang yang paling laku dan mana yang kurang laku setelah sebulan membuka toko ATK. Kalau sudah anda ketahui, maka maksimalkan ke barang yang paling laku.

3. Petakan tingkat persaingan

Jangan sampai anda membuka toko ATK namun diseberang jalan sudah ada toko ATK lain. Memang tidak ada salahnya tapi itu artinya keuntungan anda tidak bisa maksimal karena sebagian orang membeli ditoko anda dan sebagian lagi membeli di toko saingan anda.

Oleh sebab itu, petakan tingkat persaingan untuk mencari tahu area mana yang masih memiliki tingkat persaingan rendah.

Mungkin 3 hal itu saja yang bisa dijadikan kunci sukses bisnis ATK (alat tulis kantor). Selebihnya, anda bias gunakan kreatifitas anda. Semoga bermanfaat bagi kita semua.