Ilmu dagang sembako - Usaha toko sembako merupakan salah satu bidang usaha yang mudah dijalankan karena disini kita hanya menjual berbagai kebutuhan pokok. Karena yang dijual itu kebutuhan pokok yang anda tahu sendiri kalau kebutuhan pokok itu selalu dibutuhkan setiap hari, maka setiap hari barang yang anda jual akan selalu dicari oleh konsumen.
Tapi apakah semudah itu ? apakah begitu buka toko kita bisa langsung laris seperti bayangan kita ?
Ayo bangun, jangan bermimpi. Masalahnya sekarang ini toko sembako sudah semakin menjamur, sehingga kalau anda hanya membuka tanpa melakukan apapun lalu bagaimana bisa para pembeli tahu kalau anda membuka toko sembako ?
Selain itu, para konsumen secara psikis akan lebih percaya dengan toko yang biasa jadi langganannya, namun bukan berarti toko sembako baru tidak bisa laris. Justru kalau anda tahu bagaimana caranya, maka toko anda bisa melebihi semua saingan anda.
Lalu bagaimana caranya ?
Jelas promosi, promosi adalah kegiatan memberitahukan ke semua orang tentang produk atau jasa yang anda tawarkan. Dalam hal ini, promosi toko sembako dilakukan untuk memberitahukan ke semua orang bahwa ini nih saya sudah buka toko sembako, harapannya agar mereka pada belalanja.
Tapi, aktifitas promosi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sejauh ini, promosi konvensional masih menjadi senjata ampuh untuk menarik calon pembeli. Promosi konvensional itu dengan memanfaatkan mulut ke mulut. Lalu bagaimana cara aplikasinya ? simak ulasan dibawah.
1. Peletakan lokasi yang strategis
Pertama yang harus anda perhatikan adalah peletakan toko haruslah strategis. Arti strategis disini bukan berarti toko anda harus dekat terminal, dekat sekolah, dan dekat jalan raya sekaligus. Strategis disini artinya, minimal dari luar orang bisa tahu kalau ada toko sembako dirumah anda.
Jangan menempatkan etalase diteras rumah yang sulit terlihat oleh orang lain. Kalau toko anda bisa terlihat dengan jelas, maka orang yang lewat didepan rumah bisa tahu kalau ada toko dan berpotensi mampir untuk beli sesuatu.
2. Beritahu keluarga dan kerabat terdekat
Point kedua, kita masuk ke tahap promosi konvensional yang paling mudah dan murah. Mengapa mudah dan murah, karena kita hanya memberitahu kerabat-kerabat kita kalau kita sudah buka toko sembako. Nantinya mereka bisa memberitahu orang lain terkait toko anda, dan begitulah seterusnya hingga semua orang di wilayah rumah anda tahu kalau anda sudah buka toko sembako.
Kalau sudah seperti ini, maka anda hanya perlu mempersiapkan produk dan pelayanan agar mereka yang belanja pertama kali itu bisa balik belanja lagi ke toko anda.
3. Pancing calon pelanggan dengan harga diskon
Siapa yang tidak suka diskon ? saya rasa semua orang suka dengan harga diskon. Harga diskon itu beda dengan harga murah, harga diskon itu biasanya potongan harga pada barang-barang yang aslinya memiliki harga mahal. Sementara harga murah, memang ditetapkan untuk barang-barang murahan.
Jadi, daripada anda menetapkan harga murah mending menetapkan diskon beberapa persen. Ini akan membuat toko anda terlihat lebih menarik, tetapkan juga limit atau batas diskon, sehingga para pembeli bisa berbondong-bondong datang ke toko anda selagi masih diskon agar tidak ketinggalan.
Meski ini tergolong simpel, namun efeknya sangat bagus untuk menarik konsumen. Coba saja anda lihat ke beberapa mall yang menetapkan harga diskon (biasanya di akhir tahun) pasti pengunjungnya lebih ramai daripada spot yang lainnya.
4. Buat spanduk dan letakan di lokasi yang strategis disekitar toko anda
Fungsi spanduk adalah sebagai penyederhanaan akan semua informasi terkait toko sembako yang baru anda buka. Beberapa spanduk hanya berisi nama toko dan biasanya ada gambar produk rokok atau sabun sebagai sponsor.
Daripada seperti ini, anda bisa buat spanduk sendiri dengan isi yang lebih informatif. Anda bisa menuliskan daftar produk unggulan yang anda jual, serta tuliskan diskon di spanduk ini. Bagi mereka yang sedang mencari-cari toko, spanduk ini bisa mempengaruhi mereka untuk datang ke toko anda kalau barang yang dicari tertera di spanduk.
5. Adakan syukuran dan undang semua tetangga untuk memberitahukan toko anda
Syukuran itu dilakukan sebagai wujud syukur kepada tuhan atas karunia yang diberikan. Untuk umat islam, biasanya syukuran dilakukan dengan mengadakan selamatan dengan mengundang beberapa tetangga terdekat.
Anda bisa melakukan syukuran toko sembako tentu dengan tujuan sebagau wujud syukur, dan berdoa demi kelancaran usaha anda. Namun secara tidak langsung, mereka yang anda undang dalam syukuran itu tahu semua produk yang dijual ditoko anda meski anda tidak memberitahukannya.
Bisa saja awalnya ada yang tidak tahu kalau anda buka toko, dan baru tahu setelah anda mengundangnya untuk syukuran. Setelah itu, mereka yang diundang kemungkinan akan memberitahukan toko anda ke orang lain sehingga skema promosi dari mulut ke mulut pun bisa kembali terjadi.
6. Targetkan anak-anak terlebih dahulu dengan menjual aneka snack
Anak-anak bisanya sangat antusias terhadap sesuatu yang baru, misal ada penjual jajanan baru yang baru pertama kali lewat maka anak-anak itu pasti mengerubunginya karena penasaran. Pada toko, anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menarik pelanggan tentu dengan sedikit penyesuaian.
Analisa kira-kira snak apa yang belum ada di daerah toko anda berdiri, cari snack menarik yang berhadiah karena anak-anak suka dengan ini. Lalu jual di toko anda, dan beritahu ke beberapa anak. Maka dalam sekejap, teman dari anak yang diberitahu tadi bisa datang ke toko anda untuk membeli jajanan yang sama.
Dari anak-anak ini bisa menjadi awal untuk membuat toko anda ramai, anak-anal bisa memberitahu ke orang tua mereka hasilnya kembali terjadi promosi dari mulut ke mulut.
Demikian, tips singkat tentang cara promosi toko kelontong baru agar laris. Semoga bisa menambah wawasan kita.
Tapi apakah semudah itu ? apakah begitu buka toko kita bisa langsung laris seperti bayangan kita ?
Ayo bangun, jangan bermimpi. Masalahnya sekarang ini toko sembako sudah semakin menjamur, sehingga kalau anda hanya membuka tanpa melakukan apapun lalu bagaimana bisa para pembeli tahu kalau anda membuka toko sembako ?
Selain itu, para konsumen secara psikis akan lebih percaya dengan toko yang biasa jadi langganannya, namun bukan berarti toko sembako baru tidak bisa laris. Justru kalau anda tahu bagaimana caranya, maka toko anda bisa melebihi semua saingan anda.
Lalu bagaimana caranya ?
Jelas promosi, promosi adalah kegiatan memberitahukan ke semua orang tentang produk atau jasa yang anda tawarkan. Dalam hal ini, promosi toko sembako dilakukan untuk memberitahukan ke semua orang bahwa ini nih saya sudah buka toko sembako, harapannya agar mereka pada belalanja.
Tapi, aktifitas promosi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sejauh ini, promosi konvensional masih menjadi senjata ampuh untuk menarik calon pembeli. Promosi konvensional itu dengan memanfaatkan mulut ke mulut. Lalu bagaimana cara aplikasinya ? simak ulasan dibawah.
1. Peletakan lokasi yang strategis
Pertama yang harus anda perhatikan adalah peletakan toko haruslah strategis. Arti strategis disini bukan berarti toko anda harus dekat terminal, dekat sekolah, dan dekat jalan raya sekaligus. Strategis disini artinya, minimal dari luar orang bisa tahu kalau ada toko sembako dirumah anda.
Jangan menempatkan etalase diteras rumah yang sulit terlihat oleh orang lain. Kalau toko anda bisa terlihat dengan jelas, maka orang yang lewat didepan rumah bisa tahu kalau ada toko dan berpotensi mampir untuk beli sesuatu.
2. Beritahu keluarga dan kerabat terdekat
Point kedua, kita masuk ke tahap promosi konvensional yang paling mudah dan murah. Mengapa mudah dan murah, karena kita hanya memberitahu kerabat-kerabat kita kalau kita sudah buka toko sembako. Nantinya mereka bisa memberitahu orang lain terkait toko anda, dan begitulah seterusnya hingga semua orang di wilayah rumah anda tahu kalau anda sudah buka toko sembako.
Kalau sudah seperti ini, maka anda hanya perlu mempersiapkan produk dan pelayanan agar mereka yang belanja pertama kali itu bisa balik belanja lagi ke toko anda.
3. Pancing calon pelanggan dengan harga diskon
Siapa yang tidak suka diskon ? saya rasa semua orang suka dengan harga diskon. Harga diskon itu beda dengan harga murah, harga diskon itu biasanya potongan harga pada barang-barang yang aslinya memiliki harga mahal. Sementara harga murah, memang ditetapkan untuk barang-barang murahan.
Jadi, daripada anda menetapkan harga murah mending menetapkan diskon beberapa persen. Ini akan membuat toko anda terlihat lebih menarik, tetapkan juga limit atau batas diskon, sehingga para pembeli bisa berbondong-bondong datang ke toko anda selagi masih diskon agar tidak ketinggalan.
Meski ini tergolong simpel, namun efeknya sangat bagus untuk menarik konsumen. Coba saja anda lihat ke beberapa mall yang menetapkan harga diskon (biasanya di akhir tahun) pasti pengunjungnya lebih ramai daripada spot yang lainnya.
4. Buat spanduk dan letakan di lokasi yang strategis disekitar toko anda
Fungsi spanduk adalah sebagai penyederhanaan akan semua informasi terkait toko sembako yang baru anda buka. Beberapa spanduk hanya berisi nama toko dan biasanya ada gambar produk rokok atau sabun sebagai sponsor.
Daripada seperti ini, anda bisa buat spanduk sendiri dengan isi yang lebih informatif. Anda bisa menuliskan daftar produk unggulan yang anda jual, serta tuliskan diskon di spanduk ini. Bagi mereka yang sedang mencari-cari toko, spanduk ini bisa mempengaruhi mereka untuk datang ke toko anda kalau barang yang dicari tertera di spanduk.
5. Adakan syukuran dan undang semua tetangga untuk memberitahukan toko anda
Syukuran itu dilakukan sebagai wujud syukur kepada tuhan atas karunia yang diberikan. Untuk umat islam, biasanya syukuran dilakukan dengan mengadakan selamatan dengan mengundang beberapa tetangga terdekat.
Anda bisa melakukan syukuran toko sembako tentu dengan tujuan sebagau wujud syukur, dan berdoa demi kelancaran usaha anda. Namun secara tidak langsung, mereka yang anda undang dalam syukuran itu tahu semua produk yang dijual ditoko anda meski anda tidak memberitahukannya.
Bisa saja awalnya ada yang tidak tahu kalau anda buka toko, dan baru tahu setelah anda mengundangnya untuk syukuran. Setelah itu, mereka yang diundang kemungkinan akan memberitahukan toko anda ke orang lain sehingga skema promosi dari mulut ke mulut pun bisa kembali terjadi.
6. Targetkan anak-anak terlebih dahulu dengan menjual aneka snack
Anak-anak bisanya sangat antusias terhadap sesuatu yang baru, misal ada penjual jajanan baru yang baru pertama kali lewat maka anak-anak itu pasti mengerubunginya karena penasaran. Pada toko, anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menarik pelanggan tentu dengan sedikit penyesuaian.
Analisa kira-kira snak apa yang belum ada di daerah toko anda berdiri, cari snack menarik yang berhadiah karena anak-anak suka dengan ini. Lalu jual di toko anda, dan beritahu ke beberapa anak. Maka dalam sekejap, teman dari anak yang diberitahu tadi bisa datang ke toko anda untuk membeli jajanan yang sama.
Dari anak-anak ini bisa menjadi awal untuk membuat toko anda ramai, anak-anal bisa memberitahu ke orang tua mereka hasilnya kembali terjadi promosi dari mulut ke mulut.
Demikian, tips singkat tentang cara promosi toko kelontong baru agar laris. Semoga bisa menambah wawasan kita.