Saat akan memulai usaha fotocopy dan ATK, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk sarana atau perlengkapan yang digunakan untuk keberlangsungan usaha fotocopy ini.
Lalu, perlengkapan seperti apa yang diperlukan untuk menjalankan usaha fotocopy ? mari kita bahas pada artikel ini
1. Mesin fotocopy
Mesin fotocopy menjadi alat yang wajib anda penuhi dulu ketika akan membuka usaha fotocopy. Karena alat inilah yang bertugas sebagai motor utama, untuk memfotocopy dokumen.
Berapa harganya ?
Jelas bervariasi, ada yang 15 jutaan hingga 30 jutaan itu semua tergantung finansial anda. tapi kalau modal mepet, anda bisa membeli mesin fotocopy bekas dengan kualitas yang masih terjaga. Lumayan harganya bisa turun ke angka 6 – 9 jutaan.
2. Mesin laminating
Mesin laminating digunakan untuk melaminating dokumen, dan jasa laminating itu wajib ada pada usaha fotocopy. Karena tak sedikit pelanggan yang ingin melaminating dokumen-dokumen seperti ijasah.
Jadi, usahakan anda juga memenuhi perlengkapan ini.
Untuk urusan harga, mesin ini dibanderol antara 1 hingga 1.5 juta rupiah.
3. Etalase kaca
Meski usaha inti adalah fotocopy, tapi anda tidak harus berpaku pada jasa fotocopy. Anda bisa menjual perlengkapan ATK untuk menambah ragam usaha serta membuat toko anda terlihat lengkap.
Dan untuk memajang ATK ini, kita memerlukan etalase kaca dengan panjang sekitar 3 sampai 5 meter (tidak harus lurus/segaris). Nantinya, etalase kaca ini akan diisi dengan ATK seperti bolpoint, pensi, penghapus, tipe x dan lainnya.
Untuk urusan harga, etalase punya variasi harga. Ada yang murah 1.5 juta, dan ada pula yang lebih dari 2 juta jadi pastikan anda sesuaikan kualitas dengan budget yang anda miliki.
4. Printer
Usaha fotocopy memangnya perlu printer ?
Secara teknis tidak, tapi kalau anda akan membuka usaha fotocopy lebih baik anda juga menyediakan jasa printing untuk mencetak foto, dokumen, undangan dan lainnya. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang memiliki urusan dengan dokumen printing tapi mereka tidak punya printer.
Jadi solusinya anda harus memiliki printer dan komputer.
Untuk printer, harganya juga bervariasi tergantung merk yang anda pilih. Untuk Hp sepertinya harga lebih murah sekitar 500 ribuan hingga 1 jutaan. Tapi kalau Epson atau Canon, banyak yang memiliki harga diatas 2 juta rupiah tentu dengan fitur dan kualitas lebih baik.
Disarankan untuk membeli printer color dengan kombinasi warna yang agak banyak (minimal 6 warna). Cari juga yang memiliki kecepatan cetak tinggi.
5. Komputer
Ada printer, harus ada komputer. Ini dikarenakan printer bisa dioperasikan melalui sebuah komputer atau laptop.
Secara lebih mudah, komputer ini digunakan untuk menyeting dokumen seperti undangan, edit foto (kadang ada yang perlu edit warna background foto) dan setting dokumen-dokumen lain.
Jadi, komputer apa yang diperlukan ?
Kalau bisa pilih komputer yang memiliki spesifikasi mumpuni RAM minimal 4 Gb dengan processor core i3. Lebih dari itu juga lebih baik. Nanti, setelah anda mendapatkan komputer jangan lupa instal beberapa aplikasi desain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.
6. Meja kursi
Meja dan kursi sebenarnya hanya opsional, artinya kalau tidak diperlukan ya tidak usaha dipenuhi. Fungsi meja ini hanya untuk meletakan printer, komputer dan perlengkapan lain seperti mesin laminating.
Sementara kursi dijadikan sebagai tempat duduk anda didepan komputer dan kalau usaha anda ramai, anda juga harus menyediakan kursi untuk pelanggan anda yang antri.
7. Cover jilid
Penjilidan juga biasanya ditemui pada usaha fotocopy, saat akan menjilid maka pelanggan biasanya meminta jenis cover jilid yang spesifik seperti yang soft case atau hard case. Jadi anda sediakan macam-macam casing/cover jilid. Dan jangan lupa latih diri anda untuk menjilid dokumen, karena kalau hasilnya rapi para pelanggan akan puas dan kembali lagi ke anda.
8. Pemotong kertas
Pemotong kertas yang dimaksud itu bukan gunting, tapi multi papper cutter. Ini digunakan untuk memotong beberapa lembas kertas sekaligus. Hanya dengan satu gerakan, maka beberapa lembar kertas bisa terpotong dengan rapi.
Ini diperlukan demi kerapian dokumen hasil fotocopy, karena kadang hasil cetakan lebih kecil dari ukuran kertas. Jadi perlu disesuaikan.
Untuk harga sekitar 200 hingga 500 ribua tergantung kemampuan potongannya.
9. Neon box
Neon box itu papan nama kotak yang dapat menyala, semua usaha fotocopy wajib memiliki papan nama seperti ini.
Tapi bukan sembarang papan nama, papan nama harus dibuat menarik sehingga pilih neon box yang menyertakan merk dari mesin fotocopy anda. maka sekilas pelanggan langsung tahu bahwa itu adalah usaha fotocopy.
10. Spandux (bila perlu)
Spandux ini sifatnya opsional, kalau anda baru buka anda bisa gunakan spanduk untuk memperkenalkan/mempromosikan jasa atau layanan apa saja yang anda tawarkan. Spanduk ini beda dengan neon box.
Neon box itu kecil dan hanya menyertakan merk mesin fotocopy, kalau spanduk lebih lebar dan berisi semua layanan yang anda tawarkan. Jadi calon pelanggan bisa tahu layanan apa saja yang ada pada usaha anda.
Mungkin itu saja artikel yang bisa saya bagikan semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia usaha.j
Lalu, perlengkapan seperti apa yang diperlukan untuk menjalankan usaha fotocopy ? mari kita bahas pada artikel ini
Perlengkapan Wajib Usaha Fotocopy
1. Mesin fotocopy
Mesin fotocopy menjadi alat yang wajib anda penuhi dulu ketika akan membuka usaha fotocopy. Karena alat inilah yang bertugas sebagai motor utama, untuk memfotocopy dokumen.
Berapa harganya ?
Jelas bervariasi, ada yang 15 jutaan hingga 30 jutaan itu semua tergantung finansial anda. tapi kalau modal mepet, anda bisa membeli mesin fotocopy bekas dengan kualitas yang masih terjaga. Lumayan harganya bisa turun ke angka 6 – 9 jutaan.
2. Mesin laminating
Mesin laminating digunakan untuk melaminating dokumen, dan jasa laminating itu wajib ada pada usaha fotocopy. Karena tak sedikit pelanggan yang ingin melaminating dokumen-dokumen seperti ijasah.
Jadi, usahakan anda juga memenuhi perlengkapan ini.
Untuk urusan harga, mesin ini dibanderol antara 1 hingga 1.5 juta rupiah.
3. Etalase kaca
Meski usaha inti adalah fotocopy, tapi anda tidak harus berpaku pada jasa fotocopy. Anda bisa menjual perlengkapan ATK untuk menambah ragam usaha serta membuat toko anda terlihat lengkap.
Dan untuk memajang ATK ini, kita memerlukan etalase kaca dengan panjang sekitar 3 sampai 5 meter (tidak harus lurus/segaris). Nantinya, etalase kaca ini akan diisi dengan ATK seperti bolpoint, pensi, penghapus, tipe x dan lainnya.
Untuk urusan harga, etalase punya variasi harga. Ada yang murah 1.5 juta, dan ada pula yang lebih dari 2 juta jadi pastikan anda sesuaikan kualitas dengan budget yang anda miliki.
4. Printer
Usaha fotocopy memangnya perlu printer ?
Secara teknis tidak, tapi kalau anda akan membuka usaha fotocopy lebih baik anda juga menyediakan jasa printing untuk mencetak foto, dokumen, undangan dan lainnya. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang memiliki urusan dengan dokumen printing tapi mereka tidak punya printer.
Jadi solusinya anda harus memiliki printer dan komputer.
Untuk printer, harganya juga bervariasi tergantung merk yang anda pilih. Untuk Hp sepertinya harga lebih murah sekitar 500 ribuan hingga 1 jutaan. Tapi kalau Epson atau Canon, banyak yang memiliki harga diatas 2 juta rupiah tentu dengan fitur dan kualitas lebih baik.
Disarankan untuk membeli printer color dengan kombinasi warna yang agak banyak (minimal 6 warna). Cari juga yang memiliki kecepatan cetak tinggi.
5. Komputer
Ada printer, harus ada komputer. Ini dikarenakan printer bisa dioperasikan melalui sebuah komputer atau laptop.
Secara lebih mudah, komputer ini digunakan untuk menyeting dokumen seperti undangan, edit foto (kadang ada yang perlu edit warna background foto) dan setting dokumen-dokumen lain.
Jadi, komputer apa yang diperlukan ?
Kalau bisa pilih komputer yang memiliki spesifikasi mumpuni RAM minimal 4 Gb dengan processor core i3. Lebih dari itu juga lebih baik. Nanti, setelah anda mendapatkan komputer jangan lupa instal beberapa aplikasi desain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.
6. Meja kursi
Meja dan kursi sebenarnya hanya opsional, artinya kalau tidak diperlukan ya tidak usaha dipenuhi. Fungsi meja ini hanya untuk meletakan printer, komputer dan perlengkapan lain seperti mesin laminating.
Sementara kursi dijadikan sebagai tempat duduk anda didepan komputer dan kalau usaha anda ramai, anda juga harus menyediakan kursi untuk pelanggan anda yang antri.
7. Cover jilid
Penjilidan juga biasanya ditemui pada usaha fotocopy, saat akan menjilid maka pelanggan biasanya meminta jenis cover jilid yang spesifik seperti yang soft case atau hard case. Jadi anda sediakan macam-macam casing/cover jilid. Dan jangan lupa latih diri anda untuk menjilid dokumen, karena kalau hasilnya rapi para pelanggan akan puas dan kembali lagi ke anda.
8. Pemotong kertas
Pemotong kertas yang dimaksud itu bukan gunting, tapi multi papper cutter. Ini digunakan untuk memotong beberapa lembas kertas sekaligus. Hanya dengan satu gerakan, maka beberapa lembar kertas bisa terpotong dengan rapi.
Ini diperlukan demi kerapian dokumen hasil fotocopy, karena kadang hasil cetakan lebih kecil dari ukuran kertas. Jadi perlu disesuaikan.
Untuk harga sekitar 200 hingga 500 ribua tergantung kemampuan potongannya.
9. Neon box
Neon box itu papan nama kotak yang dapat menyala, semua usaha fotocopy wajib memiliki papan nama seperti ini.
Tapi bukan sembarang papan nama, papan nama harus dibuat menarik sehingga pilih neon box yang menyertakan merk dari mesin fotocopy anda. maka sekilas pelanggan langsung tahu bahwa itu adalah usaha fotocopy.
10. Spandux (bila perlu)
Spandux ini sifatnya opsional, kalau anda baru buka anda bisa gunakan spanduk untuk memperkenalkan/mempromosikan jasa atau layanan apa saja yang anda tawarkan. Spanduk ini beda dengan neon box.
Neon box itu kecil dan hanya menyertakan merk mesin fotocopy, kalau spanduk lebih lebar dan berisi semua layanan yang anda tawarkan. Jadi calon pelanggan bisa tahu layanan apa saja yang ada pada usaha anda.
Mungkin itu saja artikel yang bisa saya bagikan semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia usaha.j