-->

5 Langkah Simpel Untuk Mengatasi Jualan di Facebook yang Sepi Peminat

Saat ini media sosial menjadi tempat paling ramai dikunjungi oleh semua orang diberbagai negara pada semua kalangan. Ketenaran sosial mediapun mengaahkan tempat-tempat umum seperti taman ataupun tempat wisata.

Bagi pebisnis mereka, melihat ini sebagai peluang untuk memasarkan produk mereka ke kalangan umum melalui internet, tentu akan lebih hemat biaya dan mudah. Apalagi pengguna sosial media di Indonesia semakin hari-semakin bertambah.

Mungkin kata-kata diataslah yang membujuk kita menerjuni bidang bisnis online. Memang ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan secara online, namun yang paling populer yakni membuka toko online.

Membuka toko online itu mudah, karena ;

  • Tidak perlu memikirkan tempat
  • Produk bisa langsung laris, dengan memanfaatkan keramaian sosial media
  • Hanya bermodal Kuota internet
  • Tidak mesti memiliki produk, kita bisa dropship maupun reseller
  • Bisa dikerjakan dari dalam kamar.

Kelima kata-kata diatas memang mencerminkan seorang pebisnis online, namun Pebisnis Online yang telah sukses.

Sementara kita yang baru menerjuni bidang ini, juga akan menemukan kesulitan. Kesulitan yang sering dialami yakni mengapa produk yang saya pasarkan sepi peminat ? Untuk itu, diartikel ini kita akan membahas langkah demi langkah untuk mengatasi olshop anda yang sepi.

Tips Membuat Toko Online di Facebook Yang Ramai


Mengapa kita membuat Olshop di Facebook ? data yang ditunjukan oleh Social Media GP  menyebutkan bahwa Facebook masih merajai sosial media di dunia dengan pengguna aktif mencapai 11.500.000 perbulan

tips jualan difacebook agar ramai

Lantas, apa saja langkahnya ?


1.  Gunakan Fanspage Untuk Memasarkan Produk

Mengapa kita menggunakan Fp dan bukan menggunakan personal accont. Kita akan membuat sebuah bisnis yang isinya berupa produk-produk yang akan anda jual.

Jika kita menggunakan personal acount, fiturnya sangat terbatas karena personal acount itu didesain untuk akun pribadi yang digunakan sebagai lahan cuitan bukan jualan.

Pada Facebook Fanspage, sudah memiliki berbagai fitur seperti fitur boost post yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk kita lebih tertarget. Selain itu, fitur terbaru yakni  Fanspage shop yang bisa kita gunakan secara gratis.

Selain itu, kredibilitas bisnis anda akan terbentuk dengan mudah dan cepat melalui sebuah fanspage, coba saja lihat beberapa olshop di facebook, mereka memanfaatkan fanspage untuk memasarkan produknya yang tertarget.

Untuk teknik pembuatan fanspage dengan layanan Shop bisa anda baca pada panduan ini.


2. Buat Fanspage anda Dikenal Dulu Agar Dapat LIKE

Jika 5 menit anda langsung posting salah satu produk anda, maka itu adalah kesalahan besar. Mengapa ? karena itu adalah hal yang percuma, belum ada orang yang like atau follow Fanspage anda. Sehingga puluhan posting pun tidak akan mendapatkan respon.

Jika anda pemain pemula, maka lakukan langkah sederhana ini.

  • Gabung ke komunitas atau Group-group aktif yang banyak membahas hal-hal berkaitan dengan produk anda.
  • Share konten berupa artikel yang menarik dan jika bisa masih berhubungan dengan produk yang akan anda jual. Misal anda akan menjual produk fashion, maka artikel yang anda share yakni artikel yang berkaitan gaya berpakaian yang lagi tren, unik dan tips mengenai penampilan diri.
  • Anda juga bisa menyertakan video dari Youtube untuk menambah keberagaman konten di fanspage anda.
  • Anda juga bisa invite seluruh teman untuk menyukai Fanspage yang anda buat, langkah ini dilakukan saat fanspage anda sudah memiliki beberapa konten.
  • Lakukan cara ini hingga anda mendapatkan ratusan audiens yang nantinya akan dijadikan sebagai target promosi.


3. Beri Tanggapan pada Para Fans

Faktor berikutnya yang tak kalah penting yakni  kedekatan antara penjual dan pembeli. Jika anda adalah seorang konsumen, mana yang anda pilih

Anda membaca website A, disitu artikelnya sangat bagus namun ada banyak pengunjung yang bertanya namun tidak dijawab/diabaikan.
Anda membaca website B, walau artikelnya biasa saja, namun pemilik website sangat antusias membalas tiap komentar yang masuk.

Website A seakan hanya mengejar target Visitor saja, namun Wesite B tidak hanya soal visitor namun interaksi antara pemilik web dan pembaca juga terjalin dengan baik. Dari hal ini website B meski terkesan biasa namun bisa masuk ke pikiran kita hingga kita ingin mengeceknya tiap hari.

Hal ini juga berlaku untuk fanspage baru, fanspage yang terkesan tidak ada percakapan cenderung akan lambat perkembangannya. Sementara perkembangan fanspage berarti perkembangan bisnis kita juga.

Untuk itu, saat fans anda baru mencapai angka ratusan ada satu atau dua orang yang mengomentari postingan anda. Dan anda jangan minder terlebih dahulu, anda bisa menjawabnya sekedar basa-basi atau menjawab apa yang ditanyakan fans.

Perlu diketahui juga, fans yang aktif berkomentar dan like postingan anda itu adalah ASET. Merekalah yang antusias yang bisa membesarkan nama Fanspage anda. Mereka bukan hanya sekedar menulis komentar, namun mereka memperhatikan apa yang anda posting dan bukan tidak mungkin, mereka justru akan share postingan anda dan itu artinya semakin besar pula jangkauan anda.

Untuk itu, sesepele apapun komentarnya sebisa mungkin anda menjawab komentar tersebut khususnya jika fanspage anda masih berumur dalam hitungan minggu.


4. Sesekali sisipkan gambar/meme

jualan di facebook sepi

Menurut penelitian dari.twitter konten bergambar masih menjadi jenis konten yang paing banyak ditanggapi oleh pengguna Facebook.

Dari data ini, anda bisa memanfaatkanya untuk mendapakan audiens baru dan membuat mereka antusias.

Caranya, cukup post gambar-gambar yang bermakna untuk audiens anda. Gambar dengan quote inspiratif dan meme lucu masih menjadi jenis gambar yang paling banyak menyita perhatian pengguna social media.


Namun, jangan keseringan. Atur intensitas anda untuk share gambar ini, jangan sampai fanspage anda yang awalnya ditujukan sebagai olshop malah dikenal sebagai fanspage yang berisi meme.

Intensitasnya bisa anda atur sendiri bisa 5 ; 1 atau 5 postingan biasa dan 1 postingan gambar.

Terus kapan Posting Produknya ?

Langkah-langkah diatas dilakukan untuk meramaikan fanspage anda. Karena logikanya, semakin ramai fanspage anda, maka semakin besar pula peluang terjadinya transaksi.

Perlu diketahui juga, fanspage dengan jumlah like banyak belum tentu ramai. Alasanya, mereka yang me-Like fanspage tersebut tidak meminati apa isi fanspage itu. Sehingga saat terbit postingan, mereka hanya mengacuhkanya.

Untuk itu, jangan menggunakan tools-tools atau trik untuk mendapat like banyak. Percuma jika banyak Like tapi tidak meminati apa isi fanspage kita.

Saat Fanspage anda mulai ramai, anda bisa langsung memposting produk anda. Tapi ingat, jangan terlalu sering, artinya kombinasikan dengan posting artikel tanpa produk dan gambar. Kombinasinya bisa 3 ; 1 ; 1. Tiga post tanpa produk, satu gambar dan satu produk.

5. Gunakan FB Ads untuk menghemat waktu jika anda berani

4 cara diatas, bisa anda lakukan dengan mudah namun bisa memakan waktu hingga 2 bulan sampai mendapatkan penjualan pertama. Itu juga jika kinerja anda cepat.

Hal ini dikarenakan visibilitas posting kita di Facebook itu sekitar 2-4 %. artinya dari 100 fans, itu hanya sekitar 3 orang saja yang melihatnya. dan mereka juga belum tentu membaca apa postingan anda.

Untuk itu, cara singkat agar fanspage anda dikenal oleh pengguna Facebook yang tertarget yakni dengan memanfaatkan layanan Facebook Ads.

Tapi kan itu bayar,

Pilih mana, mengorbankan sedikit uang namun bisnis kita berjalan dengan cepat atau pilih yang gratisan namun bisnis kita sangat lama jalannya.

Jika difikir-fikir waktu juga merupakan uang atau modal. Sehingga kehilangan banyak waktu sama saja kehilangan banyak uang.

Anggap ini sebagai modal, karena apapun bisnisnya baik offline atau online membutuhkan modal. Jika anda melihat artikel bisnis tanpa modal itu 100% HOAX. Ya karena jika kita tidak melibatkan Facebook ads pun kita harus modal kuota internet, listrik. Sehingga tidak ada bisnis tanpa modal.

Namun, kembali ke sub bab tadi. Bahwa lakukan langkah ini jika anda memang berani mengambilnya, mengapa ? karena ada juga resikonya.

Beriklan di Facebook, itu memberikan kita kontrol penuh untuk menentukan siapa saja target atau audiens yang akan melihat postingan kita. Jika kita salah perhitungan dan salah juga membuat diskripsi posting, maka kelar sudah. Promosi anda hanya lewat.

Untuk itu, jangan main Facebook ads tanpa tahu bagaimana mekanismenya. Tapi jika anda berniat untuk mempelajari Facebook ads, anda bisa membaca ebook satu ini yang berjudul "Belajar Iklan Facebook"

Langkah terakhir, yaang tidak boleh anda lupakan yakni berdoa dan makan tentunya. Tanpa doa, usaha kita akan terasa sulit apapun usahanya. Tanpa makan, perut keoncongan ngga bisa mikir jadinya. Salam sukses untuk kita semua.