Usaha jahit ternyata memiliki prospek yang sangat cerah, karena mereka para penjahit tidak hanya mengubah kain menjadi pakaian namun juga membenarkan pakaian-pakaian yang sudah sobek. Sehingga jasa penjahit ini sangat dibutuhkan di masyarakat terlebih disaat tahun ajaran baru sekolah, hampir semua penjahit sudah full booked.
Sehingga sesuai dengan judul kita di artikel ini, usaha menjahit memang memiliki modal kecil namun karena banyak dibutuhkan maka keuntungannya bisa lebih maksimal.
Bagaimana Prospek Usaha Menjahit Rumahan ?
Meski dilakukan dengan skala kecil, usaha jahit ini juga masih memiliki prospek yang cerah antara lain ;
Sehingga bisa dikatakan, prospek usaha jahit rumahan juga masih cerah dengan catatan anda tahu betul bagaimana strategi atau cara menjalankannya.
Ini dia ada beberapa strategi yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha jahit ini, antara lain ;
1. Pastikan anda punya skill
Usaha jahit ini pekerjaannya Cuma menjahit bahan menjadi pakaian jadi, sehingga perlu skill menjahit. Oleh sebab itu, modal awal anda harus punya skill menjahit dulu kalau mau buka usaha jahit ini.
Tapi bagaimana kalau saya tidak bisa menjahit ? ada beberapa solusi, pertama anda bisa mencari kursus menjahit kemudian ikuti kursus itu sampai anda benar-benar bisa. Setelah anda mahir menjahit, baru anda bisa pikirkan untuk membuka jasa menjahit.
Solusi kedua, anda juga bisa mencari karyawan yang memang sudah memiliki skill menjahit yang bagus. Karyawan ini bisa teman anda atau orang terdekat anda, intinya cari orang yang anda kenal sebagai karyawan agar proses komunikasi nantinya bisa berjalan lebih enak.
2. Pemilihan lokasi menjadi faktor utama untuk memperoleh costumer
Kalau kita pilih lokasi yang sepi, bagaimana bisa usaha kita ramai. Itulah kunci untuk mendapatkan banyak costumer, kita perlu promosi tapi sebelum memikirkan promosi kita juga harus punya tempat usaha yang strategis.
Strategis disini artinya lokasi usaha jahit ini memang ada ditengah kelompok orang yang jadi target anda. Misalnya di perumahan yang ramai, atau di tengah pemukiman penduduk. Kalau bisa, cari juga lokasi di pinggir jalan sehingga akses menuju usaha anda itu bisa lebih cepat dan mudah.
3. Promosi menjadi faktor lanjutan untuk mendongkrak popularitas usaha anda
Selanjutnya promosi menjadi sarana untuk mendongkrak jumlah costumer anda. Tujuan promosi ini adalah untuk memberi tahu ke khalayak umum bahwa ada jasa menjahit yang baru dibuka, untuk promosi awal anda harus targetkan orang disekitar toko anda berdiri.
Ini bisa dilakukan dengan menggunakan papan nama atau banner yang ditempatkan didepan tempat usaha anda. Cara lain adalah dengan memanfaatkan strategi promosi dari mulut ke mulut, strategi ini akan lebih mudah dijalankan apabila anda sudah kenal dengan orang-orang sekitar.
Setelah anda melakukan promosi awal, anda bisa melanjutkan promosi ke area yang lebih luas. Caranya bisa menggunakan banner, pasang iklan di radio, atau yang termudah adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook.
4. Fokus ke kepuasan pelanggan
Inilah yang menjadi pembeda antara jasa jahit anda dengan yang lainnya, anda harus fokus ke kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kualitas dan ketepatan waktu pengerjaan, pastikan anda mengestimasi waktu pengerjaan dengan tepat sehingga costumer tidak bolak-balik untuk mengecek pakaiannya.
Anda juga harus berani menolak order kalau memang sudah sangat penuh sementara tenaga tidak mencukupi.
Hal lain yang perlu diperhatikan, anda juga harus berinovasi untuk mencari pembeda antara usaha jahit anda dengan yang lain. Seperti yang saya katakan diatas, anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Dan anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk me
5. Masalah harga juga penting
Harga masih menjadi faktor yang menentukan apakah pelanggan akan balik lagi untuk menggunakan jasa anda atau tidak. Kalau harganya kemahalan, mereka bisa lari dan mencari penjahit lain yang jumlahnya cukup banyak diluar sana.
Jadi perhatikan pula harganya, pastikan anda menentukan harga ini secara objektif tergantung tingkat kesukaran jahitan.
Okelah, mungkin itu saja sedikit ulasan tentang usaha menjahit rumahan menguntungkan. Semoga bisa menambah wawasan kita.
Sehingga sesuai dengan judul kita di artikel ini, usaha menjahit memang memiliki modal kecil namun karena banyak dibutuhkan maka keuntungannya bisa lebih maksimal.
Bagaimana Prospek Usaha Menjahit Rumahan ?
Meski dilakukan dengan skala kecil, usaha jahit ini juga masih memiliki prospek yang cerah antara lain ;
- Banyak orang yang memiliki baju namun kebesaran, sehingga mereka perlu jasa tukang jahit untuk membuat baju tersebut lebih pas.
- Beberapa orang lebih memilih melakukan vermak atau perbaikan pakaian yang rusak dibandingkan beli baru.
- Jasa jahit ini sangat diperlukan untuk penjahitan seragam, baik seragam sekolah, baju komunitas atau seragam kantor.
- Dalam skala yang lebih besar, usaha jahit ini bisa dikembangkan menjadi konveksi mini tentu dengan keuntungan yang lebih besar lagi.
Sehingga bisa dikatakan, prospek usaha jahit rumahan juga masih cerah dengan catatan anda tahu betul bagaimana strategi atau cara menjalankannya.
Kiat Sukses Buka Usaha Menjahit Rumahan
img ; radiotnn.com
Ini dia ada beberapa strategi yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha jahit ini, antara lain ;
1. Pastikan anda punya skill
Usaha jahit ini pekerjaannya Cuma menjahit bahan menjadi pakaian jadi, sehingga perlu skill menjahit. Oleh sebab itu, modal awal anda harus punya skill menjahit dulu kalau mau buka usaha jahit ini.
Tapi bagaimana kalau saya tidak bisa menjahit ? ada beberapa solusi, pertama anda bisa mencari kursus menjahit kemudian ikuti kursus itu sampai anda benar-benar bisa. Setelah anda mahir menjahit, baru anda bisa pikirkan untuk membuka jasa menjahit.
Solusi kedua, anda juga bisa mencari karyawan yang memang sudah memiliki skill menjahit yang bagus. Karyawan ini bisa teman anda atau orang terdekat anda, intinya cari orang yang anda kenal sebagai karyawan agar proses komunikasi nantinya bisa berjalan lebih enak.
2. Pemilihan lokasi menjadi faktor utama untuk memperoleh costumer
Kalau kita pilih lokasi yang sepi, bagaimana bisa usaha kita ramai. Itulah kunci untuk mendapatkan banyak costumer, kita perlu promosi tapi sebelum memikirkan promosi kita juga harus punya tempat usaha yang strategis.
Strategis disini artinya lokasi usaha jahit ini memang ada ditengah kelompok orang yang jadi target anda. Misalnya di perumahan yang ramai, atau di tengah pemukiman penduduk. Kalau bisa, cari juga lokasi di pinggir jalan sehingga akses menuju usaha anda itu bisa lebih cepat dan mudah.
3. Promosi menjadi faktor lanjutan untuk mendongkrak popularitas usaha anda
Selanjutnya promosi menjadi sarana untuk mendongkrak jumlah costumer anda. Tujuan promosi ini adalah untuk memberi tahu ke khalayak umum bahwa ada jasa menjahit yang baru dibuka, untuk promosi awal anda harus targetkan orang disekitar toko anda berdiri.
Ini bisa dilakukan dengan menggunakan papan nama atau banner yang ditempatkan didepan tempat usaha anda. Cara lain adalah dengan memanfaatkan strategi promosi dari mulut ke mulut, strategi ini akan lebih mudah dijalankan apabila anda sudah kenal dengan orang-orang sekitar.
Setelah anda melakukan promosi awal, anda bisa melanjutkan promosi ke area yang lebih luas. Caranya bisa menggunakan banner, pasang iklan di radio, atau yang termudah adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook.
4. Fokus ke kepuasan pelanggan
Inilah yang menjadi pembeda antara jasa jahit anda dengan yang lainnya, anda harus fokus ke kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kualitas dan ketepatan waktu pengerjaan, pastikan anda mengestimasi waktu pengerjaan dengan tepat sehingga costumer tidak bolak-balik untuk mengecek pakaiannya.
Anda juga harus berani menolak order kalau memang sudah sangat penuh sementara tenaga tidak mencukupi.
Hal lain yang perlu diperhatikan, anda juga harus berinovasi untuk mencari pembeda antara usaha jahit anda dengan yang lain. Seperti yang saya katakan diatas, anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Dan anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk me
5. Masalah harga juga penting
Harga masih menjadi faktor yang menentukan apakah pelanggan akan balik lagi untuk menggunakan jasa anda atau tidak. Kalau harganya kemahalan, mereka bisa lari dan mencari penjahit lain yang jumlahnya cukup banyak diluar sana.
Jadi perhatikan pula harganya, pastikan anda menentukan harga ini secara objektif tergantung tingkat kesukaran jahitan.
Okelah, mungkin itu saja sedikit ulasan tentang usaha menjahit rumahan menguntungkan. Semoga bisa menambah wawasan kita.