Salah satu makanan yang banyak di sukai adalah nasi goreng. Makanan khas Indonesia ini memang terasa nikmat bila disantap di malam hari.
Hal ini pun memunculkan peluang usaha baru, peluang usaha nasi goreng. Lantas, apakah usaha nasi goreng benar-benar menguntungkan, dan masih memiliki prospek cerah ? kita bahas bersama-sama.
Ada dua alasan utama yang mendasari bahwa usaha nasi goreng ini masih memiliki propek cerah ;
1. Target konsumen sangat luas
Kalau sate kambing atau burger, itu biasanya konsumen hanya menyasar pada kalangan tertentu. Tapi berbeda dengan nasi goreng, makanan ini memiliki jangkauan kalangan konsumen yang sangat luas. Dari anak kecil hingga dewasa pun banyak yang suka dengan makanan ini.
Ini membuat potensi usaha anda laris, itu sangat besar karena ada banyak orang yang berpotensi membeli nasi goreng.
2. Cenderung mudah dijalankan
Membuat nasi goreng sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan kebanyakan penjual nasi goreng adalah laki-laki yang notabene kalah pandai memasak dengan perempuan.
Memang benar, memasak nasi goreng itu bisa dilakukan siapa saja. Ini membuat usaha ini makin mudah dijalankan.
Namun, dalam perjalanannya tidak seperti yang kita bayangkan. Semua usaha pasti ada tantangannya, salah satunya usaha nasi goreng. Ada beberapa hal yang menjadi tantangan saat anda memulai bisnis nasi goreng.
1. Kita harus menemukan resep yang tak hanya enak tapi berbeda dengan yang lainnya
Untuk bisnis kuliner, cita rasa memegang kendali utama yang menentukan apakah usaha anda bakal laris atau tidak. Makanan yang enak, membuat banyak orang ketagihan dan akhirnya menjadi pelanggan setia.
Begitu pula dengan nasi goreng, kalau resep yang anda buat itu mampu memanjakan lidah pembeli maka mereka bisa datang lagi ke tempat anda meski rumah mereka jauh. Itulah pembeli, mereka rela datang jauh demi cita rasa yang enak.
Dan disini tantangannya ada pada peracikan resep yang mampu memanjakan lidah pembeli. Untuk membuat resep super enak ini, ada baiknya anda melakukan eksperimen sebelum menjual nasi goreng untuk menemukan racikan yang pas.
2. Saat ini disemua tempat ramai sudah ada penjual nasi goreng jadi persaingan cukup ketat
Karena mudahnya usaha nasi goreng ini, ada banyak orang yang terjun untuk menekuni profesi penjual nasi goreng. Imbasnya, ada banyak sekali penjual nasi goreng. Anda bisa lihat, disemua tempat keramaian hampir ada setidaknya satu penjual nasi goreng.
Ini membuat tingkat persaingan menjadi cukup ketat. Sehingga teknik berjualan biasa saja tidak bisa menghadapi persaingan super ketat ini, disini tantangannya anda harus membuat inovasi agar nasi goreng anda beda dari yang lain.
Jalan keluarnya, anda bisa melakukan inovasi dengan tema “nasi goreng unik dan modern”.
Nasi goreng unik dan modern itu bisa diaplikasikan dengan ;
Sementara untuk mendongkrak popularitas, anda bisa manfaatkan media sosial. Menurut data dari tekno.kompas.com pengguna media sosial di Indonesia hingga Januari 2018 mencapai 49% dari total seluruh penduduk Indonesia.
Anda bisa manfaatkan kondisi ini untuk promosikan usaha anda. Selain murah, promosi lewat media sosial juga mudah dilakukan. Yang termudah, anda bisa gunakan Facebook yang masih menjadi sosial media nomor satu di Indonesia.
Perlengkapan yang diperlukan untuk memulai usaha nasi goreng
Saat niat anda sudah bulat untuk menekuni usaha nasi goreng, anda harus membuat beberapa perencanaan. Pertama, anda perlu membuat daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk menentukan besar modal usaha seperti ;
1. Cari tempat yang cukup ramai namun persaingan rendah
Tempat yang ramai namun memiliki persaingan rendah, memang sulit untuk ditemukan. Anda bisa cari tempat seperti di persimpangan jalan antar desa, atau tempat umum lain yang belum ada orang yang jualan nasi goreng.
2. Pastikan anda sudah mengantongi pelurunya (resep rahasianya)
Untuk menemukan resep nasi goreng yang enak, tidak bisa dilakukan satu dua kali percobaan. Anda harus bereksperimen beberapa kali untuk menemukan resep nasi goreng paling enak. Anda bisa mencari referensi resep nasi goreng tersebut ke internet, atau ke beberapa orang yang bisa membuat nasi goreng.
Ajak juga teman atau keluarga anda untuk mencicipi nasi goreng anda agar penilaian bisa lebih objektif. Formulasi antara resep dan lokasi yang pas, akan membuat usaha nasi goreng berkembang cepat.
3. Jangan pasang harga kemahalan
Selain rasa, harga yang terlalu mahal juga bisa membuat orang tidak datang kembali ke lokasi anda. Meski ada beberapa orang yang tidak terlalu mementingkan harga, tapi harga yang mahal akan mempersempit jangkauan konsumen anda. Jadi pastikan anda sudah melakukan riset untuk menentukan harga agar tidak kemahalan dari yang lain.
4. Anda bisa memainkan lagu agar suasana lebih santai
Suasana yang santai bisa membuat orang jadi lebih nyaman, anda bisa memainakan lagu-lagu slow untuk membuat suasana lebih santai sehingga pembeli bisa lebih betah.
5. Jangan lupa berdoa
Usaha tanpa diiringi doa, tidak akan efektif. Karena ada saja kejadian tak terduga yang tidak masuk dalam perencanaan. Hanya doa yang bisa menyelamatkan usaha anda dari kejadian-kejadian tak terduga.
Sekian artikel tentang analisa usaha nasi goreng, semoga bisa menambah wawasan kita semua.
Hal ini pun memunculkan peluang usaha baru, peluang usaha nasi goreng. Lantas, apakah usaha nasi goreng benar-benar menguntungkan, dan masih memiliki prospek cerah ? kita bahas bersama-sama.
Alasan usaha nasi goreng menggiurkan
Ada dua alasan utama yang mendasari bahwa usaha nasi goreng ini masih memiliki propek cerah ;
1. Target konsumen sangat luas
Kalau sate kambing atau burger, itu biasanya konsumen hanya menyasar pada kalangan tertentu. Tapi berbeda dengan nasi goreng, makanan ini memiliki jangkauan kalangan konsumen yang sangat luas. Dari anak kecil hingga dewasa pun banyak yang suka dengan makanan ini.
Ini membuat potensi usaha anda laris, itu sangat besar karena ada banyak orang yang berpotensi membeli nasi goreng.
2. Cenderung mudah dijalankan
Membuat nasi goreng sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan kebanyakan penjual nasi goreng adalah laki-laki yang notabene kalah pandai memasak dengan perempuan.
Memang benar, memasak nasi goreng itu bisa dilakukan siapa saja. Ini membuat usaha ini makin mudah dijalankan.
Tantangan dalam menjalankan usaha nasi goreng
Namun, dalam perjalanannya tidak seperti yang kita bayangkan. Semua usaha pasti ada tantangannya, salah satunya usaha nasi goreng. Ada beberapa hal yang menjadi tantangan saat anda memulai bisnis nasi goreng.
1. Kita harus menemukan resep yang tak hanya enak tapi berbeda dengan yang lainnya
Untuk bisnis kuliner, cita rasa memegang kendali utama yang menentukan apakah usaha anda bakal laris atau tidak. Makanan yang enak, membuat banyak orang ketagihan dan akhirnya menjadi pelanggan setia.
Begitu pula dengan nasi goreng, kalau resep yang anda buat itu mampu memanjakan lidah pembeli maka mereka bisa datang lagi ke tempat anda meski rumah mereka jauh. Itulah pembeli, mereka rela datang jauh demi cita rasa yang enak.
Dan disini tantangannya ada pada peracikan resep yang mampu memanjakan lidah pembeli. Untuk membuat resep super enak ini, ada baiknya anda melakukan eksperimen sebelum menjual nasi goreng untuk menemukan racikan yang pas.
2. Saat ini disemua tempat ramai sudah ada penjual nasi goreng jadi persaingan cukup ketat
Karena mudahnya usaha nasi goreng ini, ada banyak orang yang terjun untuk menekuni profesi penjual nasi goreng. Imbasnya, ada banyak sekali penjual nasi goreng. Anda bisa lihat, disemua tempat keramaian hampir ada setidaknya satu penjual nasi goreng.
Ini membuat tingkat persaingan menjadi cukup ketat. Sehingga teknik berjualan biasa saja tidak bisa menghadapi persaingan super ketat ini, disini tantangannya anda harus membuat inovasi agar nasi goreng anda beda dari yang lain.
Jalan keluarnya, anda bisa melakukan inovasi dengan tema “nasi goreng unik dan modern”.
Nasi goreng unik dan modern itu bisa diaplikasikan dengan ;
- Cara memasaknya, kalau pada café biasanya saat bartender meracik kopi akan menjadi pertunjukan khusus. Anda bisa saja memainkan sedikit trik untuk menghibur pembeli dengan teknik memasak yang beda dari penjual nasi goreng lain.
- Cara penyajiannya, umumnya nasi goreng hanya disajikan pada sebuah piring atau dibungkus menggunakan kertas bungkus. Anda bisa menyelami kreatifitas anda untuk berinovasi menemukan penyajian yang berbeda.
- Desain gerobaknya, desain gerobak dengan tema putih dan bersih akan mengundang banyak pembeli. Anda juga bisa menambahkan ornamen lain yang membuat tampilan gerobak nasi goreng berbeda sehingga mampu menarik minat pembeli.
- Nama nasi gorengnya, kalau anda aktif di media sosial ada banyak makanan khas Indonesia yang diberi nama-nama unik. Anda pun bisa menamakan nasi goreng anda dengan nama yang unik untuk menambahkan kesan yang berbeda dengan yang lain.
Sementara untuk mendongkrak popularitas, anda bisa manfaatkan media sosial. Menurut data dari tekno.kompas.com pengguna media sosial di Indonesia hingga Januari 2018 mencapai 49% dari total seluruh penduduk Indonesia.
Anda bisa manfaatkan kondisi ini untuk promosikan usaha anda. Selain murah, promosi lewat media sosial juga mudah dilakukan. Yang termudah, anda bisa gunakan Facebook yang masih menjadi sosial media nomor satu di Indonesia.
Perlengkapan yang diperlukan untuk memulai usaha nasi goreng
Saat niat anda sudah bulat untuk menekuni usaha nasi goreng, anda harus membuat beberapa perencanaan. Pertama, anda perlu membuat daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk menentukan besar modal usaha seperti ;
- Gerobak nasi goreng
- Seperangkat alat memasak
- Meja dan kursi makan (anda juga bisa menggantinya dengan tikar kalau lesehan)
- Bahan-bahan membuat nasi goreng
- Perlengkapan lain (piring, gelas, tissue, tusuk gigi, kertas bungkus, plastik)
Kiat sukses menjalankan usaha nasi goreng
1. Cari tempat yang cukup ramai namun persaingan rendah
Tempat yang ramai namun memiliki persaingan rendah, memang sulit untuk ditemukan. Anda bisa cari tempat seperti di persimpangan jalan antar desa, atau tempat umum lain yang belum ada orang yang jualan nasi goreng.
2. Pastikan anda sudah mengantongi pelurunya (resep rahasianya)
Untuk menemukan resep nasi goreng yang enak, tidak bisa dilakukan satu dua kali percobaan. Anda harus bereksperimen beberapa kali untuk menemukan resep nasi goreng paling enak. Anda bisa mencari referensi resep nasi goreng tersebut ke internet, atau ke beberapa orang yang bisa membuat nasi goreng.
Ajak juga teman atau keluarga anda untuk mencicipi nasi goreng anda agar penilaian bisa lebih objektif. Formulasi antara resep dan lokasi yang pas, akan membuat usaha nasi goreng berkembang cepat.
3. Jangan pasang harga kemahalan
Selain rasa, harga yang terlalu mahal juga bisa membuat orang tidak datang kembali ke lokasi anda. Meski ada beberapa orang yang tidak terlalu mementingkan harga, tapi harga yang mahal akan mempersempit jangkauan konsumen anda. Jadi pastikan anda sudah melakukan riset untuk menentukan harga agar tidak kemahalan dari yang lain.
4. Anda bisa memainkan lagu agar suasana lebih santai
Suasana yang santai bisa membuat orang jadi lebih nyaman, anda bisa memainakan lagu-lagu slow untuk membuat suasana lebih santai sehingga pembeli bisa lebih betah.
5. Jangan lupa berdoa
Usaha tanpa diiringi doa, tidak akan efektif. Karena ada saja kejadian tak terduga yang tidak masuk dalam perencanaan. Hanya doa yang bisa menyelamatkan usaha anda dari kejadian-kejadian tak terduga.
Sekian artikel tentang analisa usaha nasi goreng, semoga bisa menambah wawasan kita semua.